Jumat, 23 Maret 2018

6 Dampak Negatif AC Kotor yang Perlu Dilakukan Cuci AC


6 Dampak Negatif AC Kotor yang Perlu Dilakukan Cuci AC

AC Anda kotor? Anda harus segera melakukan cuci AC. Sebab, membiarkan AC yang kotor terus menyala dan digunakan memiliki banyak dampak negatif yang berbahaya bagi penggunanya. Dampak negatif ini bisa mengganggu kesehatan Anda. Nah, apa saja dampak negatif yang bisa Anda rasakan dari menggunakan AC yang kotor?

1. Kulit Menjadi Kering

Dampak pertama yang bisa Anda rasakan dari menggunakan AC yang kotor adalah kulit menjadi kering. Berlama-lama berada di ruangan yang ber-AC akan menyebabkan kulit kering. Apalagi bila AC tersebut kotor. Kulit Anda yang kering akan lebih sensitif dan kehilangan kelembapan alaminya.

2. Memperburuk Penyakit yang Berkaitan dengan Pernasapan

Dampak buruk selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan AC yang kotor dan jarang diberishkan adalah memperburuk gejala penyakit yang berkaitan dengan masalah pernasapan. Debu dari AC yang kotor akan membuat penyakit pernapasan Anda makin parah. Terlebih untuk Anda yang menderita asma.

3. Alergi dan Infeksi pada Saluran Pernapasan

Paparan dari udara AC yang kotor bisa menyebabkan masalah seperti alergi dan infeksi pada saluran pernapasan. Masalah tersebut dapat berupa sinus, sakit tenggorokan, flu, bersin-bersin, pilek dan lainnya. selain itu, AC yang kotor juga bisa menyebabkan iritasi pada bagian lapisan mulut dan hidung sehingga sangat tak baik untuk kesehatan Anda.

Kenapa ini bisa terjadi? Sebab, filter udara pada AC yang kotor dan tak dibersihkan secara teratur akan bersirkulasi ke ruangan Anda. Hal inilah yang meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan. Untuk itu, sebaiknya Anda sering-seringlah cuci AC atau menyewa jasa servis AC.

4. Sick Building Syndrome

Hal yang satu ini biasanya terjadi karena jamur dan mikroorganisme lain yang berkumpul dan menumpuk pada sistem pendingin udara yang kotor dan terhirup oleh Anda. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala seperti sulit untuk bernapas, iritasi pada bagian kulit dan selaput lendir serta sakit kepala yang berlebihan.

5. Penyakit Legionnaire

Berikutnya yang merupakan dampak negatif dari menggunakan AC yang kotor adalah penyakit Legionnaire. Penyakit ini adalah jenis pneunomia yang diakibatkan bakteri legionella pneumophie yang bisa ditemukan di filter AC yang kotor. Gejala penyakit ini seperti batuk, demam, nyeri pada tubuh, sakit kepala serta mudah lelah.

6. Tak Ramah Lingkungan

Tentu saja, AC yang kotor tak ramah lingkungan. Selain bisa merusak kesehatan Anda, penggunaan AC berlebihan terlebih yang kotor juga bisa mengakibatkan penipisan ozon. Ini karena penggunaan freon atau CFC pada AC tersebut. Maka, sebaiknya, jangan terlalu sering gunakan AC apalagi yang kotor karena bisa menyebabkan banyak masalah.

Itulah beberapa dampak negatif yang bisa menjumpai Anda bila malas melakukan cuci AC dan servis AC. Tak perlu ribet membersihkan sendiri bila Anda tak bisa ataupun tak punya waktu. Tinggal panggil saja jasa servis AC yang ada di sekitar Anda, semuanya beres. Anda sehat, lingkungan pun bagus.

0 komentar:

Posting Komentar